Selasa

Pentingnya perkenalan

Buat apa sih berkenalan??
Nah coba klo kita tak kenal siapa-siapa, maka kita akan sulit melakukan berbagai macam kegiatan, kenapa begitu???
Coba kalo di telah kembali, ada sebuah pepatah “tak kenal maka tak sayang”, pada awalanya pasti ada sejarah yang membuat pepatah tersebut sangat popular, jadi, dengan perkenalan maka akan mulai timbul rasa saling kasih sayang satu sama lainnya, maksud disini rasa kasih sayangnya adalah bagaimana kita sesame makhluk hidup, bukan sebagai rasa sayang ke lawan jenis. Pada pandangan dan pertemuan pertama juga sangat mempengaruhi pemikiran seseorang terhadap kita, mengapa begitu???
Karna sudah banyak dilakukan penelitian bahwa kebanyakan orang akan menilai kita dari cover nya, baru setelah lama waktu berjalan maka orang tersebut mengenal pribadi kita secara sifat, prilaku dan sebagainya.
Ada berbagai kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjembatani diri kita dengan orang lain agar dapat lebih kenal satu sama lain, yaitu melalui perkenalan yang sudah sering dilakukan yaitu secara konvensional, ada juga memlalui permainan, disini ada contoh permainan yang dapat membantu kita untuk dapat berkenalan denga orang lain, contohnya:
a.   Lempar bola
Lempar bola merupakan salah satu bentuk jembatan penghubung antara kita dengan anggota kelompok, agar kita dapat mengenal satu sama lain, dimana bola sebagai media yang digunakan untuk memperkenalkan diri kita masing masing, dalam artian disaat seseorang menerima bola, orang tersebut memperkenalkan diri misalnya nama, kota asal dimana ia tinggal, hobi, dll, dan ketika orang tersebut telah selesai memperkelnalkan diri maka ia melempar bola itu kepada anggota yang lain, yang sebelumnya  menyebutkan nama orang lain yang akan menerima bola tersebut. Oleh karena itu kita dituntut agar kita memperhatikan setiap orang yang memperkenal kan diri agar dapat mengenal satu sama lain, minimal bisa mengenali atau menghafalkan namanya.
b.   Membuat daftar nama
Dengan kegiatan ini kita dapat mengenal teman kita satu sama lain dalam cakupan yang lebih luas, karena kita dituntut berkenalan dengan beberapa orang dalam waktu yang begitu singkat, dalam hal ini kita dituntut untuk menunjukan kemampuan kita saat berinteraksi dengan orang lain dalam waktu singkat dan menunjukan berapa banyak kah orang yang berhasil kita kenal baik perempuan maupun laki-laki. disini kita dapat mengasah pula kemampuan kepercayaan diri kita ke orang lain sehingga kita berani mengajukan beberapa pertanyaan ke orang tersebut.

c.   Say hello
Untuk aturan main kali ini adalah memperkenalkan diri sambil memberikan imbuhan kata “Hello” diawal perkenalan, sambil melakukan gerakan yang menunjukan karakteristik masing-masing, setelah setiap anak memperagakan gaya masing-masing. maka kegiatan selanjutnya ialah secara beruntut harus mempraktektekkan gerakan teman sebelumnya dan baru mempraktekan gerakan kita sendiri, misalnya sebelum kita ada si”A”,  dan si “B”, maka kita harus mempraktekan setiap gaya yang dimiliki oleh si”A”, dan si “B”, baru selanjutnya mempraktekan kembali gaya kita masing2, begitu selanjutnya hingga pada peserta terakhir.
d.   Dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar